Skip to content →

Asal Usul Cabang Bela Diri Krav Maga Yang Pragmatis Terhadap Pertahanan Diri

jacksondwj.com – Krav Maga, yang dalam bahasa Ibrani berarti “kontak tempur”, adalah sistem pertahanan diri dan bela diri yang berasal dari Israel. Dikenal karena pendekatannya yang realistis dan pragmatis terhadap pertahanan diri, Krav Maga dirancang untuk cepat mengneutralisir ancaman dengan teknik yang efektif dan instinktif. Dikembangkan pertama kali di lingkungan militer, Krav Maga sekarang dipraktikkan di seluruh dunia baik oleh warga sipil, aparat penegak hukum, maupun personel militer.

Sejarah Awal Krav Maga

Krav Maga dikembangkan oleh Imi Lichtenfeld, yang lahir di Budapest dan dibesarkan di Bratislava (sekarang Slovakia) pada tahun 1910. Lichtenfeld awalnya adalah seorang pegulat, petinju, dan pesenam yang sangat terampil. Pada tahun 1930-an, dia menggunakan kemampuannya untuk membela komunitas Yahudi lokal terhadap serangan anti-Semit.

Pengembangan Teknik

Dengan meningkatnya kekerasan terhadap orang-orang Yahudi di Eropa, Lichtenfeld mulai mengembangkan teknik yang akan menjadi dasar Krav Maga. Dia menyadari bahwa pertarungan jalanan membutuhkan metode yang berbeda dari kompetisi olahraga, dengan penekanan pada teknik yang mudah dipelajari dan diterapkan di bawah tekanan.

Krav Maga di Israel

Pada akhir 1940-an, dengan berdirinya negara Israel, Lichtenfeld bermigrasi ke sana dan mulai mengajar teknik pertahanan dirinya kepada pasukan pertahanan Israel—Haganah, yang kemudian menjadi Israel Defense Forces (IDF). Di sini, Krav Maga dikembangkan lebih lanjut dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan militer.

Standarisasi dan Adaptasi

Dalam IDF, Lichtenfeld bekerja untuk menyempurnakan dan standarisasi Krav Maga sebagai sistem pertahanan diri dan pertempuran tangan kosong. Sistem ini harus efisien terhadap berbagai ancaman dan mudah dipelajari oleh rekrutan dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Krav Maga untuk Sipil

Setelah pensiun dari layanan aktif, Lichtenfeld mulai mengadaptasi Krav Maga untuk kebutuhan sipil. Dia membuka sekolah dan memulai proses pelatihan instruktur, sehingga pengetahuan dan keterampilan ini dapat diakses oleh orang-orang di luar militer.

Penyebaran Global Krav Maga

Dalam beberapa dekade terakhir, Krav Maga telah menyebar ke luar Israel dan menjadi populer di seluruh dunia. Ini sebagian besar disebabkan oleh efektivitasnya dalam situasi nyata dan kemudahan adaptasinya dengan berbagai situasi dan konteks.

Prinsip Krav Maga

Krav Maga tidak terikat oleh aturan tradisional seni bela diri atau olahraga bela diri. Ini berfokus pada prinsip-prinsip seperti menyerang titik-titik vital, mempertahankan kesadaran situasional, dan menggunakan gerakan refleks alami tubuh. Krav Maga mengajarkan teknik untuk pertahanan terhadap berbagai serangan, termasuk serangan tak bersenjata dan serangan dengan senjata.

Krav Maga Hari Ini

Saat ini, Krav Maga tidak hanya diajarkan sebagai cara untuk bertahan dari serangan fisik tetapi juga sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, kesadaran diri, dan kebugaran fisik. Banyak program juga menggabungkan aspek psikologis dari pertahanan diri, seperti mengatasi rasa takut dan stres.

Published in bela diri

Comments are closed.