Skip to content →

Asal Usul Cabang Bela Diri Kun Khmer atau Pradal Serey Yang Mirip Dengan Muay Thai

jacksondwj.com – Pradal Serey, yang sering dikenal dengan Kun Khmer, adalah seni bela diri tradisional Kamboja yang mirip dengan seni bela diri tetangganya, Muay Thai. Pradal Serey memiliki akar yang mendalam dalam sejarah dan budaya Kamboja, menggabungkan aspek bela diri, olahraga, dan ritual.

Perkembangan Pradal Serey

Asal usul Pradal Serey dapat ditelusuri kembali ke kerajaan Angkor kuno, yang merupakan kekuatan dominan di Asia Tenggara dari abad ke-9 hingga ke-15. Relief di kuil-kuil Angkor menunjukkan gambar prajurit yang terlibat dalam apa yang tampaknya menjadi bentuk seni bela diri, menunjukkan bahwa praktik seperti Pradal Serey telah ada selama berabad-abad.

Fungsi dan Peran

Dalam sejarah Kamboja, Pradal Serey tidak hanya digunakan sebagai metode pertahanan diri tetapi juga sebagai alat pelatihan militer. Para prajurit Angkor dilatih dalam Pradal Serey untuk meningkatkan kekuatan, ketangkasan, dan keterampilan bertarung mereka. Selain itu, pertandingan Pradal Serey menjadi bagian penting dari festival dan perayaan, sering kali disertai dengan musik dan tarian tradisional.

Pengaruh Kolonial dan Modernisasi

Selama periode kolonial Prancis di Indochina, Pradal Serey mengalami penurunan popularitas karena penjajah cenderung mempromosikan olahraga Barat. Namun, setelah kemerdekaan, Pradal Serey mengalami kebangkitan sebagai bentuk seni bela diri nasional Kamboja.

Bertahan Melalui Konflik

Pradal Serey menghadapi masa sulit selama masa kekuasaan Khmer Merah, di mana banyak aspek budaya Kamboja, termasuk seni bela diri, dilarang. Namun, setelah jatuhnya rezim tersebut, Pradal Serey sekali lagi mendapatkan tempat sebagai olahraga dan seni bela diri penting di Kamboja.

Teknik dan Prinsip

Pradal Serey dikenal dengan teknik pukulan, tendangan, siku, dan lutut, mirip dengan Muay Thai. Namun, Pradal Serey menekankan pada teknik tendangan yang lebih dinamis dan pukulan yang cepat, mencerminkan karakteristik uniknya sendiri.

Pradal Serey di Era Modern

Hari ini, Pradal Serey tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang sebagai olahraga dan seni bela diri. Pertandingan secara teratur diadakan di dalam negeri dan semakin mendapatkan pengakuan internasional, dengan atlet Kun Khmer mewakili Kamboja di panggung dunia.

Published in bela diri

Comments are closed.