Skip to content →

Asal Usul Kuah Komoh Yang Memiliki Cita Rasa Gurih Dan Sedikit Pedas

jacksondwj.com – Kuah Komoh merupakan salah satu hidangan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, khususnya dari pulau Sumbawa. Hidangan ini merupakan sup daging sapi yang kaya akan rempah dan menjadi bagian penting dari kuliner khas Sumbawa. Kuah Komoh dikenal dengan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, yang menghangatkan dan sangat cocok disantap dalam berbagai kondisi cuaca.

Latar Belakang Kuliner Nusa Tenggara Barat

Pengaruh Tradisi dan Alam

NTB memiliki kekayaan alam dan budaya yang tercermin dalam ragam kuliner daerahnya. Kuah Komoh sendiri tercipta dari kebiasaan masyarakat setempat yang gemar mengonsumsi daging sapi dan rempah-rempah yang melimpah di daerah tersebut.

Kebiasaan Makan Masyarakat Sumbawa

Masyarakat Sumbawa memiliki tradisi mengonsumsi daging sapi yang tidak hanya sebatas pada daging segar tetapi juga dalam bentuk olahan seperti sup dan sate. Kuah Komoh adalah manifestasi dari kebiasaan tersebut dengan penambahan rempah-rempah lokal yang memberikan cita rasa khas.

Bahan dan Proses Pembuatan Kuah Komoh

Proses pembuatan Kuah Komoh melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Daging Sapi: Biasanya menggunakan bagian daging sapi yang berlemak sedikit seperti bagian sandung lamur atau has dalam.
  2. Rempah-Rempah: Berbagai rempah seperti serai, daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, dan kunyit digunakan untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.
  3. Bumbu Halus: Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai dihaluskan dan ditumis hingga harum sebelum daging dan air ditambahkan.
  4. Pemasakan: Daging dan bumbu direbus dalam waktu yang cukup lama hingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna.

Peran Kuah Komoh dalam Masyarakat Sumbawa

Hidangan Tradisional

Kuah Komoh adalah hidangan yang sering disajikan dalam acara-acara adat dan pertemuan keluarga di Sumbawa, menunjukkan nilai kebersamaan dan keramahtamahan.

Represntasi Kekayaan Kuliner

Hidangan ini juga merepresentasikan kekayaan kuliner Sumbawa yang tidak hanya terbatas pada sate atau olahan daging lainnya, tetapi juga sup yang kaya rempah.

Kuah Komoh di Masa Kini

Di masa kini, Kuah Komoh masih bertahan sebagai bagian dari kuliner khas Sumbawa yang disajikan di berbagai warung makan dan rumah makan, baik di NTB maupun di luar daerah tersebut.

Tantangan dan Pelestarian

Pelestarian Rasa Asli

Salah satu tantangan dalam pelestarian Kuah Komoh adalah memastikan bahwa rasa asli dan metode pembuatan tradisionalnya tetap terjaga di tengah perubahan selera dan modernisasi.

Pengenalan kepada Generasi Muda

Pentingnya mengenalkan Kuah Komoh kepada generasi muda menjadi salah satu upaya pelestarian agar hidangan ini tidak terlupakan seiring berjalannya waktu.

Published in kuliner

Comments are closed.