Skip to content →

Asal Usul Jukut Ares Bali Yang Terbuat Dari Batang Pisang Muda

jacksondwj.com – Jukut Ares merupakan salah satu masakan tradisional khas Bali yang memiliki keunikan tersendiri dalam kancah kuliner Indonesia. Jukut Ares adalah masakan berupa sup yang terbuat dari batang pisang muda, yang dikenal dengan nama “ares” dalam bahasa Bali. Masakan ini mencerminkan kecerdikan dan kemampuan masyarakat Bali dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di sekitar mereka.

Sejarah dan Budaya Kuliner Bali

Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

Masyarakat Bali dikenal memiliki keterampilan khusus dalam mengolah bahan-bahan alami menjadi hidangan yang lezat. Jukut Ares adalah contoh nyata dari penggunaan bahan yang tidak lazim, yaitu batang pisang, yang seringkali diabaikan atau hanya digunakan untuk pakan ternak di daerah lain.

Integrasi Dalam Ritual

Dalam tradisi Bali, masakan ini sering dihidangkan dalam berbagai upacara keagamaan dan perayaan adat. Ini menunjukkan bahwa Jukut Ares tidak hanya penting dari segi nutrisi, tetapi juga dari segi spiritual dan budaya.

Bahan dan Proses Pembuatan Jukut Ares

Berikut adalah proses pembuatan Jukut Ares yang menggambarkan kekayaan kuliner Bali:

  1. Batang Pisang Muda: Batang pisang muda diiris tipis dan direndam dalam air untuk menghilangkan getahnya, yang bisa menyebabkan rasa sepat.
  2. Bumbu Halus: Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan kemiri dihaluskan dan ditumis hingga harum.
  3. Santan: Santan kelapa menjadi salah satu bahan penting yang memberikan kekayaan rasa dan tekstur pada sup.
  4. Protein: Daging ayam atau bebek seringkali ditambahkan untuk memberikan rasa dan kekayaan protein pada masakan.
  5. Pemasakan: Semua bahan dimasak bersamaan hingga batang pisang menjadi lembut dan bumbu meresap sempurna.

Peran Jukut Ares dalam Masyarakat Bali

Makanan Keseharian

Jukut Ares tidak hanya dihidangkan dalam acara khusus, tetapi juga menjadi bagian dari menu sehari-hari masyarakat Bali, sering dinikmati bersama nasi hangat.

Nilai Gizi

Sup ini juga dihargai karena kandungan gizinya yang tinggi, memperkaya diet lokal dengan vitamin dan mineral esensial.

Jukut Ares di Masa Kini

Di era modern, Jukut Ares masih bertahan sebagai hidangan yang populer di Bali. Banyak restoran dan warung tradisional yang menyajikan Jukut Ares sebagai bagian dari menu autentik mereka.

Tantangan dan Pelestarian

Pelestarian Resep Asli

Tantangan utama dalam melestarikan Jukut Ares adalah memastikan bahwa generasi muda Bali mempelajari dan meneruskan resep asli dan metode pembuatan tradisional.

Adaptasi dan Inovasi

Di sisi lain, adaptasi dan inovasi dalam penyajian Jukut Ares mungkin diperlukan untuk memenuhi selera yang terus berkembang dan memperkenalkannya kepada audiens yang lebih luas.

Published in kuliner

Comments are closed.